Kamis, 06 Desember 2012

cara setting ip address di windows xp dan Cara Cek Ip Address Komputer Sendiri

Setting IP address di windows XP sangat mudah untuk dilakukan, karena windows sudah menyediakan fasilitas GUI (Graphical User Interface) untuk mengubah alamat IP. Berikut ini langkah langkahnya.
  1. buka control panel
  2. pilih network and internet connections
  3. pilih network connections
  4. lalu pilih local area connection (LAN)
  5. maka akan muncul tampilan berikut ini
ip1-245x300
Untuk melihat alamat IP komputer klik tab “support”
Untuk mengubah alamat IP klik tombol “properties”, maka akan muncul tampilan seperti ini
ip2-243x300
centang bagian “show icon notification area when connected” tujuannya supaya muncul icon di sebelah pojok kanan taskbar windows pada waktu komputer anda terkoneksi ke jaringan. Icon ini mempermudah dalam mengakses network properties. Seperti ini tampilan icon tersebut.
ip3
Untuk mengubah alamat IP pilih Internet Protocol ( TCP/IP ) kemudian klik tombol properties maka akan muncul tampilan berikut.
ip4-266x300
Opsi “Obtain IP address automatically” dipakai jika dalam jaringan anda terdapat DHCP server. Apa itu DHCP server ? DHCP adalah metode pemberian alamat IP secara otomatis. Untuk mensetting IP secara manual pilih opsi “use the following IP address” , disini anda bisa mengisikan IP Address, subnet mask, serta default gateway yang ingin dipakai.

Cara Cek Ip Address Komputer Sendiri
http://dibaca.net/wp-content/uploads/2012/08/cara-cek-ip-komputer-sendiri.png Setelah lama tidak update artikel blog karena sibuk dengan aktifitas offline dan kembali saya akan menulis lagi artikel di blog kesayangan ini,kali ini saya akan membahas tentang IP address (internet protocol address) apa itu? nah kalau menurut om wikipedia adalah ”adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.”
Nah untuk komputer kita sebenarnya ada alamat Ip nya untuk cara ceknya adalah dengan DOS prompt atau juga comand prompt cara bukanya adalah dengan ketik di run CMD lalu ok dan ketikan ipconfig maka akan ada data data untuk komputer anda sendiri,nah untuk komputer yang terhubung ke internet juga ada Ip nya yang dari provider nah untuk mengeceknya silahkan kunjungi whatsmyip.com nanti akan terlihat ip komputer anda sendiri,nah dalam perkembanganya ip juga bisa sebagai titik kelemahan jika hacker tau ip kita dan keamanan komputer kita rendah sang hacker bisa menembus komputer kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar